Jangan Salah Kaprah Soal Luka Dan Antiseptik


Sebagian orang ternyata masih salah kaprah mengenai luka yang didapat akibat teriris pisau atau terjatuh, kebanyakan orang justru mengambil antiseptik atau povidone iodine untuk mengoleskannya pada luka padahal dokter tak menganjurkan demikian.

Veka Ikasari, SpBP, spesialis bedah plastik disalah satu rumah sakit jakarta menuturkan bahwa jika mengalami luka sayat cucilah dengan air mengalir, tutup dengan kasa namum bila berat segera bawa kerumah sakit, jangan diberi antiseptik.

Ia menjelaskan bahwa antiseptik atau pavidone iodine sifatnya malah mengiritasi luka yang justru bisa merusak jaringan dan membuat luka lebih susah untuk disembuhkan.
Kalau hanya sekedar luka gores atau lecet mungkin boleh menggunakan antiseptik namun jika luka yang di alami cukup dalam seperti sayatan atau teriris sebaiknya jangan menggunakan antiseptik.

Hal yang senada juga di ungkapkan oleh dr Priscilla, SpBP-RE menurutnya pemakaian antiseptik harus dengan tepat dan dengan konsentrasi yang tepat pula, seperti pencucian luka menggunakan sabun antiseptik yang dengan konsentrasi tertentu tidak akan mengiritasi jaringan dan tidak membuat rusak jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar