Tips menciptakan tone gitar yang lebih baik

Bermain gitar itu mudah, siapapun bisa mempelajari alat musik yang satu ini. Sayang, tidak semua orang yang piawai memainkan gitar dapar menciptakan musik-musik indah. Biarpun sudah beli gitar terbaik dan mendapat pengarahan dari orang-orang paling kompeten dalam dunia gitar, nyatanya bagus tidaknya permainanmu bergantung pada bagaimana kamu menemukan rahasia permainan gitar sendiri.

Kunci permainan gitar yang apik adalah tone gitar yang bersih. Pasti saat awal belajar gitar kamu akan mengalami masa-masa ketika sebuah akord tidak dimainkan dengan baik, bukan soal kamu yang tak mampu menghapal akord melainkan karena jari yang salah memetik string. Nah, ini adalah penyebab terbesar kamu gagal menciptakan tone yang diinginkan.

Jika ingin melahirkan tone yang indah dan bersih, coba ikuti tips-tips dibawah ini:

a.    Pilih metode main yang nyaman

Ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk bermain gitar, mulai dari memetik hingga menggunakan pick. Masing-masing metode akan sangat menentukan dinamika yang dihasilkan. Pilih yang paling nyaman, sebab jika tidak nyaman biasanya menghasilkan dengungan.

b.    Teliti

Diawal pembelajaran gitar memetik satu string itu sulit. Nah kamu harus terbiasa untuk menahan jari-jari yang mestinya tidak bermain untuk menghilangkan kebisingan atau suara-suara lain yang tidak diinginkan seperti resonansi string.

c.     Geser dengan baik

Kadang-kadang saat bermain gitar ada saja yang membuat jari bergeser sehingga menyentuh bagian yang seharusnya tidak disentuh. Ini sebenarnya soal cara duduk yang baik, coba saat bermain gitar duduklah dengan tegap dan pegang gitarmu dengan kuat.

Itulah tiga tips yang bisa kamu coba untuk mendapatkan tone gitar yang bersih. Tone juga biasanya dipengaruhi oleh amplifier, jadi ketika kamu menggunakan amplifier dan mendapati tone buruk mungkin ada yang salah dengan amplifiermu.

http://id.yamaha.com/id/products/proaudio/speakers/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar